NO IMAGE AVAILABLE

Jan 29, 2012

Indeks Korupsi Indonesia 2011 Meningkat

2 komentar
Indonesia adalah negara terkaya dan terbesar dibanding negara-negara yang lain di dunia, namun pada kenyataannya potret kehidupan masyarakatnya terlihat berantakan dan tak terurus bahkan negara yang dibilang sumber daya alam (SDA) nya sangat melimpag ini pun tak mampu memberikan kesejahteraan untuk warganya.

Sebenarnya ada apa dengan Indonesia?
Ternyata eh ternyata Indonesia masuk dalam jajaran negar terkorup di dunia 10 besar.
Wow.. Suatu hal yang terbilang fantastis, jelas saja padahal jika kita telaah dari apapun yang dimiliki Indonesia sebenarnya sudah bisa lebih dari cukup untuk mensejahterakan warga negaranya sendiri, seharusnya tak ada lagi penderitaan-penderitaan yang sekarang sudah dibilang wajar dipandang mata seperti kekurangan makanan, anak-anak putus sekolah, biaya kesehatan dan kesejahteraan sua sembadanya sendiri.

Melihat dari cuplikan yang saya ambil dari Yahoo Id bahwa Indeks korupsi di Indonesia 2011 meningkat. Silahkan baca berita di bawah ini :

Indeks persepsi korupsi Indonesia pada 2011 naik menjadi 3,0 dari tahun sebelumnya yakni 2,8. "Tetapi Indonesia tetap dipersepsikan sebagai negara dengan tingkat korupsi yang tinggi," ujar Koordinator Indonesia Corruption Wacth (ICW) Danang Widoyoko dalam diskusi Hasil Evaluasi ICW Terhadap Pemberantasan Korupsi 2011 dan Prospek 2012 di Jakarta, Ahad (29/1).

Menurut Danang, pada tahun 2011 banyak skandal korupsi yang terungkap seperti kasus Muhammad Nazarudin dan kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). "Kasus lain yang banyak menyita publik juga seperti Badan Anggaran DPR," katanya. Ia menambahkan, akar masalah kasus tersebut adalah korupsi politik terkait dengan kebutuhan pendanaan partai.

Lebih jauh Danang mengatakan, reproduksi korupsi masih terus berjalan. "Bahkan di tahun 2012/2013, reproduksi korupsi ini akan terus berjalan. Tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya. Karena itu menurut Danang, soal anggaran partai politik ini harus menjadi pembahasan bersama oleh stakeholder terkait. "Jadi bukan hanya KPK, DPR juga harus mulai membahas ini," katanya.

Ke depan yang lebih ditekankan selain memberantas korupsi adalah pelaksanaan lembaga pengawas melakukan upaya pencegahan. "Tahun 2012 adalah tahun awas bagi anggaran, tahun awas bagi lembaga politik, tahun awas bagi badan pengawas keuangan. Sebenarnya ada skenario soal pendanaan parpol, cuma masalahnya wilayah ini tetap menjadi di wilayah abu-abu. Istilahnya sama-sama tahulah," sindirnya.

Berdasarkan Corruption Perception Index (CPI), tingkat korupsi di Asia Tenggara Indonesia menempati posisi keempat setelah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand dengan skor indeks persepsi korupsi 3,0. Sementara di tingkat dunia, Indonesia berada di rangking 100. Artinya efektivitas pemberantasan korupsi di Tanah Air masih harus terus kita tingkatkan.

Sumber : Yahoo Id

2 comments:

  1. AYo kita perangi bersama, jangan mau diajak besekongkol untuk itu.
    Yg sudah, ayo tobat...mumpung masi ada kesempatan.

    Salam Takzim,
    Bagus H. Jihad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo;.... Indonesia harus bisa berantas tikus2 nya....!!!

      Hidup Indonesia....

      Delete


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!