NO IMAGE AVAILABLE

May 1, 2012

Plat Nomor Mobil Anas, Polisi Dinilai Diskriminatif

0 komentar
Polisi diminta tak bersikap diskriminatif dalam menindak pemalsuan plat nomor polisi pada kendaraan bermotor seperti yang terjadi pada mobil Anas Urbaningrum. Ketua Umum Partai Demokrat itu kedapatan menggunakan plat nomor kendaraan yang sama untuk dua mobilnya yang berbeda. Belakangan juga terungkap bahwa tanda nomor kendaraan tersebut tak terdaftar dan palsu.

"Polisi semestinya bertindak tegas,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane (29/04/2012) kemarin.
Mobilnya disita lalu diperiksa siapa yang punya inisiatif itu dan apa latar belakangnya.

Neta berpendapat, polisi semestinya dapat memanfaatkan bukti foto yang beredar di media massa yang telah disebarkan sebagai bukti pelanggaran yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan. Kepemilikan satu pelat nomor untuk dua mobil, menurut dia, melanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana pasal pemalsuan. "Kalaupun tidak diproses secara hukum, polisi bisa memperingatkan Anas lewat teguran," kata dia.
Sebelumnya, juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan tak akan ada sanksi terkait dengan penggunaan pelat nomor B-1716-SDC pada dua mobil milik Anas, Toyota Innova dan Toyota Vellfire. Menurut dia, polisi tidak mendapati langsung pelanggaran tersebut. ”Kami tahunya dari media," kata Rikwanto di kantornya. "Bila ada mobil di jalan raya yang ketahuan petugas menggunakan pelat mobil ganda, pasti akan diberikan sanksi.” Karena itu, Rikwanto menambahkan, pihaknya sebatas meminta pemilik kendaraan dan sopirnya segera mengganti pelat nomor B-1716-SDC dengan tanda nomornya masing-masing yang asli.

Menurut polisi, Toyota Innova milik Anas Urbaningrum yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai berlambang mersi tersebut mempunyai pelat nomor asli B-1584-TOM, sedangkan kendaraan yang kedua bernomor B-69-AUD.

Sumber : Yahoo

Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!