NO IMAGE AVAILABLE

Feb 23, 2012

Windows 8 Menjadi Pemicu Demam Ultrabook 2012

0 komentar
Tahun 2012 akan menjadi "tahunnya" Ultrabook, sebuah inovasi pada subkategori baru dari komputer jinjing (laptop). Intel, sebagai perusahaan yang memperkenalkan Ultrabook, menargetkan Ultrabook bakal meraup keuntungan sebesar 40% pangsa pasar laptop pada akhir tahun 2012 ini.


Faktor pertama tadi akan mendorong produsen komputer untuk semakin giat memproduksi Ultrabook. Inilah faktor kedua yang membuat Intel optimis. "Sampai akhir 2012, diprediksi akan ada 60 model Ultrabook dari berbagai vendor," ujar Brata di Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Menurut Director Sales Intel Indonesia Brata Rafly, optimisme target ini didasari atas beberapa faktor. Pertama, kebutuhan seseorang akan sebuah laptop dengan desain tipis, ringan, namun dibekali spesifikasi mumpuni.

Menurut Director Sales Intel Indonesia Brata Rafly, optimisme target ini didasari atas beberapa faktor. Pertama, kebutuhan seseorang akan sebuah laptop dengan desain tipis, ringan, namun dibekali spesifikasi mumpuni.

Faktor terakhir, kedatangan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8, yang akan menjadi tren baru cara seseorang menggunakan komputer. Momentum peluncuran Windows 8 diprediksi akan mendorong penjualan Ultrabook semakin melonjak tajam.

Dengan ini, persaingan di antara produsen Ultrabook semakin kuat sehingga harganya pun makin kompetitif. Di Amerika Serikat sendiri, produsen Ultrabook seperti Acer, Lenovo dan HP, telah menurunkan harga Ultrabook mereka sebesar 21 hingga 25 persen.

Selain itu, Brata menjelaskan, Intel telah merancang cara pemasaran yang unik untuk mempopulerkan Ultrabook. Pentolan grup vocal Black Eyed Peas, yakni Will.i.am, yang saat ini menjabat sebagai Director of Creative Innovation di Intel, akan melakukan pendekatan lewat jalur musik.

"Strategi marketing ini disebut Ultrabook Project. Will.i.am akan menjadi seorang Disc Jockey (DJ) yang didukung oleh kemampuan Ultrabook mengakomodir aktivitas bermusik," jelas Brata.

Namun dengan demikan, Ultrabook tentu akan berhadapan dengan pesaing terberatnya yakni MacBook Air dari Apple. Pada 2012 ini, Apple dikabarkan sedang mengembangkan produk MacBook Air yang akan memiliki resolusi layar 2.880 x 1.800 piksel, dan tak cukup itu saja, MacBook ini akan disertai dengan teknologi Thunderbolt, yang memungkinkan transfer data multimedia semakin lebih cepat.

Perusahaan pembuat prosesor AMD juga sedang merancang Ultrathin, yang akan meramaikan pasar laptop tipis dan ringan. Apalagi, AMD menjanjikan harga yang lebih murah, di kisaran harga 500 dolar AS. Harga yang relatif murah ini menjadi celah bagi AMD untuk mencuri target pasar Intel.

Bersiaplah untuk menuju era inovasi teknologi besar.

Sumber : Tekno.Kompas

Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!