NO IMAGE AVAILABLE

Feb 8, 2012

Hewan Pertama di Dunia

0 komentar
Para ilmuwan yang melakukan penggalian di Taman Nasional Namibia akhirnya menemukan fosil seperti Spons yang mereka anggap adalah merupakan hewan pertama di dunia, sebuah penemuan yang setelahnya akan mendorong bermunculannya kembali kehidupan satwa jutaan tahun yang lalu.

Fosil yang berbentuk makhluk kecil itu ditemukan di Etosha National Park Namibia dan di berbagai situs lainnya di seluruh negeri dalam bebatuan yang berusia kurang lebih 760 dan 550 juta tahun, sebuah tim yang beranggotakan 10 peneliti Internasional, hal ini diungkapkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh South African Journal of Science.

Hal ini berarti bahwa hewan yang sebelumnya diperkirakan muncul kurang lebih 600 juta hingga 650 juta tahun silam, telah muncul 100 juta hingga 150 juta tahun sebelumnya, kata para penulis.
dengan demikian pula berarti gumpalan berongga – berukuran setitik debu dan tertutup lubang yang memungkinkan cairan lolos dan keluar dari tubuh mereka – merupakan nenek moyang kita, kata rekan penulis Tony Prave, seorang ahli geologi di University of St Andrews di Skotlandia.
"Jika kita melihat silsilah keluarga dan proyek mundur anda akan menjumpai apa yang disebut kelompok induk, nenek moyang semua hewan, maka ya, ini akan menjadi nenek moyang kita paling awal," ujarnya pada AFP.

Prave menerangkan bukti fosil bahwa hewan tersebut muncul sekitar 760 juta tahun yang lalu cocok dengan hipotesis genetika yang melihatnya melalui "jam molekuler ", sebuah alat untuk mengukur usia suatu spesies dengan melihat persentase perbedaan antara DNA miliknya dan dari spesies lain.

"Aspek ini agak memuaskan, setidaknya secara intelektual, melalui kesepakatan secara luas yakni genetika memberi tahu kita melalui jam molekuler ketika kita melihat bentuk pertama multi-selular kehidupan," ujarnya.

Sumber diolah dari Yahoo. Id

Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!