NO IMAGE AVAILABLE

Feb 13, 2012

Apa itu Google Panda

2 komentar
Apa sih Google Panda itu, mendengar namanya kita tentu akan teringat dengan seekor binatang imut penggemar bambu dan madu yang sangat imut dan kadang kita tergoda untuk menggendongnya.
Namun Jika Google Panda adalah sebuah algoritma yang dikeluarkan oleh web mesin pencari terbesar dunia, Google mengeluarkan sebuah algoritma baru pada 28 Februari 2011 dengan nama Google Panda Algorithm. Untuk kalangan blogger, Google Panda telah menjadi buah bibir mereka.

Ada apa sih dengan Google Panda?
Google Panda ini adalah sebuah algoritma baru yang telah dikelauarkan oleh Google yang bekerja mencari beberapa konten yang curang. Misalnya sebuah website atau blog menggunakan sebuah link ganda pada satu page atau menggunakan sebuah keyword sampah. Nah ini akan serta merta diblok oleh Pak Google Panda dan otomatis akan berakibat pada kualitas traffik situs itu sendiri.
Pada dasarnya diterbitkannya Google Panda karena keluhan dari berbagai website besar karena merasa dirinya dirugikan oleh kecuran para website / blog kecil yang mengunakan keyword bahkan link sampah atau konten hasil jiplakan website-website besar itu.

Cara Kerja Google Panda.
Google Panda bekerja untuk melakukan pengintaian terhadap suatu content, dimana ada kecurangan akan segera ditindak oleh Google Panda. 
Google Panda akan mengindeks suatu halaman pada suatu website / blog, ini dilakukan dengan cara mendownload seluruh halaman website/blog, kemudian memasukan dan menampungnya dalam sebuah wadah. Nah, ketika ada seseorang yang ingin mencari informasi maka google akan memberikan halaman yang menyajikan informasi dengan menampilkan halaman website/blog yang lebih relevan berdasarkan keyword yang dimasukan. Selain ini Google Panda akan segera menyingkirkan website/blog yang hanya menyajikan content hasil jiplakan yang tak bermutu.

Sebenarnya Google Panda tak usah ditakuti, namun didekati saja karena biar bagaimana pun ini adalah kebijakan Google. Ibarat sebuah asrama tentu para penghuni asrama akan diberlakukan sebuah aturan dari sang kepala asrama, nah mau bagaimana pun para penghuni asrama itu harus mematuhi setiap peraturan yang telah dibuat jika tidak mau dikeluarkan dari asrama. 
Implementasi ini sama dengan Google, kita sebagai penggunanya harus patuh akan kebijakan yang telah dibuat Google jika kita tak mau didepak dari Google.

Keuntungan dari Google Panda jelas bahwa ini akan mengurangi kasus penjiplakan konten karena pada dasarnya konten bisa diibaratkan darah, jika konten itu bagus dan lancar maka raga pun akan tetap bugar, begitupun sebaliknya. Maka sebaiknya para blogger memperhatikan beberapa hal jika tak mau Google Panda marah dan menerkam kita.

Hindari beberapa hal ini :
1. Jangan suka melakukan penjiplakan konten dari website / blog lain untuk dipasang di website / blog kalian.
2. Hindari double link pada satu page website / blog kalian.
3. Jangan memasang keyword atau link sampah.

Mungkin beberapa poin ini yang saya sampaikan sesuai analisa saya sendiri.
Semoga bermanfaat dan ingat, Google Panda bukan sesuatu hal yang perlu untuk ditakuti namun ini adalah sesuatu yang perlu didekati. Jangan buat Google Panda marah namun manjakan dia dan bersikap ramahlah kepadanya karena kita akan bisa jadi disayang oleh Google Panda.





2 comments:

  1. terimakasih gan atas infonya .. !!!
    kebetulan website ane turunn ..

    ReplyDelete


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!