NO IMAGE AVAILABLE

Jan 25, 2012

Badai Matahari Bahayakan Pengguna HP, HOAX

0 komentar
Sekarang telah beredar berbagai SMS maupun BBM (Blackbarry Messenger) tentang kabar akan bahaya pengguna HP di bumi, namun ternyata kabar ini adalah cuman HOAX atau hanya sebuah berita kosong.

"Bahwa akan ada radiasi dari Matahari yang membahayakan dan bisa merusak perangkat telepon, jadi jangan menelepon malam nanti, itu kabar bohong," Papar seorang Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Thomas Djamaluddin seperti yang dikutip dari detikcom.
Beliau menjelaskan tentang insiden badai matahari ini yang terjadi pada Senin, 23 Januari 2012 namun terasa dampaknya adalah pada Selasa, 24 Januari 2012 yaitu sekitar antara jam 21-22:00 WIB. Peristiwa ini hanya terjadi beberapa jam dan dampak dari fenomena ini pun hanya terjadi pada orbit satelit saja, namun pasalnya sampai sekarang pun belum ada kabar akan gangguan pada satelit. Tambah Djamaludddin yang juga sebagai salah seorang alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.

"Orang yang menggunakan telepon, penerimaan siaran TV, ATM yang menggunakan satelit tidak terganggu. Yang terganggu adalah terputusnya layanan satelit. Tapi sepertinya kemarin tidak ada laporan," tambah Djamaluddin seperi yang dikutip dari detikcom.

Djamaluddin juga menambahkan bahwa flare diikuti oleh CME atau Coronal Mass Ejection, yaitu suatu lontaran massa dari korona matahari terutama proton dengan kecepatan tertingginya yaitu kecepatannya bisa mencapai 1.400 km/detik. Lontaran massa dari korona ini mampu mencapai jangkauan jarak sepanjang pulau jawa hanya diperlukan waktu selama satu detik saja.
Partikel bermuatan dari matahari ini terlihat seperi hujan salju yang berarti mengarah ke arah bumi, namun partikel tersebut baru akan mencapai Indonesia pada 24 Januari 2012 malam.

Sumber diolah dari : www.detiknews.com  

Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!