NO IMAGE AVAILABLE

Nov 12, 2011

Apa Itu Prosesor?

6 komentar

Prosesor adalah perangkat terpenting dalam kinerja sebuah komputer yaitu sebagai alat eksekutor sebuah perintah atau program yang akan dieksekusi.
Proseor saat ini yang sangat terkenal adalah Intel Xeon Mp yang diproduksi oleh perusahaan Intel yang memiliki kinerja sangat tinggi.
Selain Intel adalah Athlon XP dan Athlon 64, yaitu sebuah prosesor generasi ke-8 ciptaan AMD (Advanced Micro Devices). AMD Processor adalah sebuah alternatif yang sangat bagus karena memiliki kinerja yang sangat tinggi dan biaya invest-nya pun terjangkau. selain Intel dan AMD, VIA juga memproduksi sebuah prosesor, meski tidak terlalu terkenal karena daya saing transmisi data dan kemampuan daya tahan panasnya akan tetapi harganya pun lebih terjangkau.

Beberapa prosesor yang digunakan antara lain ;
1. Prosesor buatan Intel : Celeron. Cyrix, Intel Pentium, Xeon Mp, dan "Prescott"
2. Prosesor buatan AMD : Duron, Athlon Thunderbird, Athlon Xp, dan Athlon 64
3. Prosesor buatan VIA : C3 Ezra dan C3 Samuel

Prosesor juga disebut CPU (Central Processor Unit) adalah satuan pengolahan pusat yang menjalankan kegiatan di dalam tiga bagian penting, berikut adalah bagian-bagiannya ;

1. ARITHMATICS LOGICAL UNIT (ALU)
ALU merupakan suatu pusat dari segala bentuk penghitungan matematik, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian serta melakukan operasi-operasi logika seperti XOR, OR, AND, dan NOT yang harus dijalankan oleh Sistem komputer.

2. CONTROL UNIT (CU)
CU merupakan sistem untuk mengatur semua jalur lalu lintas data akses maupun penghitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan CU maka segala jenis penghitungan dan eksekusi data bisa berjalan dengan baik dan beraturan.

3. REGISTER UNIT (RU)
RU merupakan memori internal unit yang mendukung. Fungsinya adalah sebagai wadah atau tempat penyimpanan data dan program dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan memori utama.
RU dibagi menjadi dua bagian, yaitu ;
a. Register CPU
b. Register Instruksi (RI)

6 comments:

  1. Makasih INFOnya :) saya cari tahu tentang prosesor ini karena saya mau instal coreldraw x6. tapi katanya prosesor minimum intel pentium 4, AMD Athlon 64 atau AMD Opteron. Kalo notebook Asus EeePC Series bisa nggak? mohon dijawab secepatnya ^^

    ReplyDelete


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!