NO IMAGE AVAILABLE

Nov 12, 2011

Apa Itu Hardisk?

6 komentar
Apa itu HARDISK?
Hardisk adalah sebuah peralatan memori yang dipergunakan untuk menyimpan suatu data berkapasitas besar, sering pula disebut sebagai Secoundary Memory.
Hardisk juga berfungsi sebagai pendukung dalam kinerja sebuah komputer dan mengerjakan Primary Memory nya.

Hardisk diperkenalkan sejak tahun 1956 oleh IBM dengan nama dulunya adalah 305 RAMAC yang memiliki kapasitas penyimpanan datanya adalah 5 MegaByte (Mb) dengan ukuran fisiknya yang besar dan berat juga. dan selanjutnya 305 RAMAC berevolusi dengan kapasitas penyimpanan datanya yang lebih besar yaitu 10 Mb, 20 Mb, 450 Mb, 900 Mb. Dengan kecepatan prosesor dan memori Random Access Memory (RAM) nya yang semakin tinggi, maka kecepatan dan kapasitas Hardisk pun makin tinggi juga. Maka dari itu tuntutan jaman, yaitu kecepatan dan kapasitas hardisk nya pun harus bisa memenuhi, maka sekarang kapasitas memori nya bisa mencapai hitungan GigaByte (Gb) berawal dari 1,2 Gb, 1,4 Gb, 4 Gb, 8 Gb, 10 Gb, 20 Gb, hingga mencapai 500 Gb. Besar kecepatan hardisk sangat berpengaruh pada proses penyimpanannya.

Jenis-jenis Hardisk
Hardis dibagi menjadi 4, antara lain yaitu :
1. HARDISK tipe IDE /P-ATA
Hardisk tipe IDE (Integrated Device Electronics) disebut juga dengan tipe P-ATA (Parallel Advanced Technology Attachment) yang menggunakan Port IDE.
Hardisk ini memiliki daya cepat sebesar 133 Mbps.

2. HARDISK tipe SATA
Hardisk tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment) yang menggunakan Port SATA.
Hardisk tipe ini memiliki kecepatan sebesar 150 Mbps.

3. HARDISK tipe SCSI
Hardisk tipe SCSI (Small Computer System Interface), ada penampilan kartu untu controller pengolah data, yaitu kartu Controller dan SCSI sebagai external controller yang dipasangkan pada slot bus PCI/ISA. Tempatnya terpisah dengan Controller penggerak SCSI.

4. HARDISK dengan tipe USB atau extrenal hardisk.

6 comments:


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!