NO IMAGE AVAILABLE

Oct 13, 2012

Virus Komputer Baru Incar Korporasi Dunia

4 komentar
Virus

Virus baru muncul dan incar korporasi-korporasi besar dunia. Akibat meluncurnya Virus ini tak tanggung-tanggung, Menteri Pertahanan USA, Leon Panneta sampai turun tangan sendiri dan memperingatkan kepada masyarakat akan bahaya Virus ini. Virus yang dimaksut disinyalir memiliki nama "Shamoon".

Perusahaan minyak milik pemerintah Arab Saudi, ARAMCO mengaku telah menjadi korban dari keganasan Virus yang memiliki nama lain W32 Disttrack. Beberapa hari setelah menyerang ARAMCO, Virus ini juga telah menghajar jaringan komputer milik perusahaan gas alam miliki Qatar, Rasgas.

"Lebih dari 30.000 komputer yang terjangkit kini sudah dianggap tak berguna dan harus diganti," kata Panetta, saat berbicara di suatu forum pebisnis di New York. Memang diduga Virus Shamoon atau W32 Disttrack ini mengincar jaringan komputer milik korporasi besar dunia.

Begitu kejamnya Shamoon ini, namun tahukah anda bagaiman virus ini bekerja?
Menurut perusahaan pencipta antivirus Symantec, Shamoon atau W32 Disttrack ini memiliki tiga komponen, yaitu : Dropper (taruh), Wiper (hapus), dan Reporter (lapor).

Menurut penjelasan dari Symantec, virus ini akan meletakkan dirinya pada file resources, yang pada umumnya beroperasi pada sistem operasi Windows. Setelah file Dropper berhasil masuk, maka dia akan menggandakan dirinya sendiri dan akan memulai eksekusi.

Setelah Shamoon berhasil menggandakan dirinya dan berhasil mengeksekusi, maka file Wiper akan mulai bekerja. Wiper akan melakukan penghapusan beberapa komponen fungsi, tak tanggung-tanggung, Shamoon akan menghapus beberapa driver yang telah eksis di sejumlah lokasi. Dan selanjutnya Overwrite atau penulisan ulang beberapa program dengan driver lain.

Setelah wiper berhasil dan sukses, maka langkah selanjutnya adalah Reporter. Shamoon akan melaporkan beberapa informasi kepada pelaku yang mengirim virus tersebut. Beberapa informasi tersebut antara lain nama domain [Domain], jumlah file yang di-Overwrite, IP Address, dan sejumlah angka lain yang diacak.

Apakah Shamoon adalah Virus Penghancur Baru?
Shamoon bukanlah virus penghancur baru, sebelum Shamoon menyerang, sudah ada beberapa virus penghancur yang pernah beraksi, diantaranya adalah Stuxnet, Duqu dan Flame.


Sumber : http://fokus.news.viva.co.id/news/read/358928-virus-komputer-baru-ancam-korporasi-dunia



4 comments:

  1. ada aja virus-virus nakal yang bisa membuat para pemakai komputer kebingungan

    ReplyDelete
  2. hixhix.. lucu virusnya...
    visit back eah, www.rieztoshare.com

    ReplyDelete
  3. makasih infonya...tetap semangat ya

    ReplyDelete


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!