NO IMAGE AVAILABLE

Jun 10, 2012

Tentang Jaringan Komputer 1

0 komentar

Dalam dunia teknologi informasi saat ini, keberadaan jaringan komputer sangat memiliki peran penting karena dengan adanya jaringan komputer inilah kita bisa melakukan koneksi dengan orang lain lewat media komputerisasi.

Sebelum membahas tentang Jarkom (jaringan komputer), untung dasarnya kita harus tahu apa sih sebenarnya jaringan komputer itu?
Jaringan komputer atau yang biasa disingkat dengan sebutan Jarkom ini adalah sebuah istilah dimana ada sebuah dua komputer atau lebih saling berinteraksi satu dengan yang lainnya sehingga bisa saling bertukar data atau informasi secara langsung dengan melalui media transmisi.

Apa alasan jarkom ini sangat penting digunakan?
Dengan jaringan komputer yang saling berinteraksi inilah kita sebagai user bisa saling bertukar data ataupun informasi secara akurat, cepat, dan tentunya ekonomis.

Apakah anda mengetahui tentang klasifikasi jaringan komputer berdasarkan geografis?
Klasifikasi Jarkom berdasarkan geografis ada tiga :

1. LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN ini biasanya digunakan pada lingkup satu, dua atau lebih gedung dengan radius antara 1 - 10 km.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN ini lebih cocok untuk jaringan dalam lingkup satu kecamatan karena radius yang bisa dijangkau adalah 10 - 50 km.

3. WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN ini adalah jaringan yang sangat jauh radiusnya jangkauannya karena dengan WAN ini radius yang ditempuh adalah 50 km hingga tak terhingga jaraknya.

Jadi dengan kita mengetahui ketiga klasifikasi jarkom menurut geografisnya, kita bisa memilih jaringan jenis apa yang tepat untuk kita pakai.

Selanjutnya adalah Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan fungsi adalah :
1. Peer to peer, 
Klasifikasi seperti ini adalah di mana dua buah komputer saling terhubung dan kedudukannya bisa sebagai klien dan bisa sebagai server.
2. Client-Server,
Klasifukasi seperti ini adalah di mana dua buah komputer atau lebih saling terhubung dan statusnya hanya ada satu sebagai Server dan yang lainnya adalah Client.






Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!