NO IMAGE AVAILABLE

Feb 27, 2012

Trik Mengerjakan Soal Ujian Akhir Nasional 2012

0 komentar
Ujian Akhir Nasional (UAN) belakangan ini menjadi momok besar untuk siswa dan siswi baik itu tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Akhir (SMA). Sebagai standar kelulusan studinya selama menjalani pendidikan di sekolahnya masing-masing. Bahkan tuntutan Nilai Indeks Siswa (NIS) yang tinggi banyak menjadi sebuah tekanan kepada mereka untuk melanjutkan ke pendidikan baik itu SMP untuk yang akan lulus SD, SMA untuk yang akan lulus SMP, dan bahkan Perguruan Tinggi untuk yang akan lulus SMA.

Mimpi menjadi anak bangsa yang berkualitas masih banyak didominasi oleh pendapat tentang bagaimana kualitas dan sejauh mana pendidikan yang telah ditempuhnya. Hal ini akan memicu anak-anak untuk berfikir keras ke depan.

Mengenai persiapan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAS), sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para peserta didik. Ada beberapa hal yang sebaiknya kalian jauhi khususnya selama persiapan menghadapi Ujian yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.
Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kalian perhatikan :

1. Tidak Belajar Sama Sekali dan Terlalu Percaya Diri
Beberapa siswa sering merasa yakin dengan latihan-latihan yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga pada waktu mendekati ujian mereka tidak belajar sama sekali. Ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan siswa.  Meskipun kalian cerdas dan pandai, namun alangkah baiknya jika kalian mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena segala sesuatu bisa terjadi pada waktu ujian. Ingat karajinan juga berpengaruh terhadap keberhasilan kalian. SUKSES = RAJIN + CERDAS.

2. Belajar Matematika dengan Menghafal dan Tanpa Latihan
Khusu yang satu ini adalah untuk edukasi Matematika. Ingat bahwa belajar matematika bukan belajar menghafal. Salah jika kalian belajar matematika tanpa latihan, karena sebenarnya banyak hal yang akan kalian temukan ketika latihan. Porsi untuk membaca dan latihan menurut saya adalah 20 % untuk membaca konsep dan 80 % untuk latihan. Jangan terlalu banyak membaca konsep karen tidak akan membuat mahir atau terampil mengerjakan soal-soal matematika. Ingat soal-soal matematika bukanlah konsep semata, tetapi lebih banyak soal yang berkaitan ketrampilan kalian sendiri yentang bagaimana kalian menggunakan rumus, logika dan menyimpulkan sesuatu.


3. Mengerjakan Tidak dengan Prioritas dan Tanpa Strategi
Kecenderungan siswa dalam mengerjakan soal matematika biasanya cenderung mengerjakan dari nomor 1 dan tidak memperhatikan soal-soal yang lain. Akibatnya jika nomor 1 kebetulan soal yang sulit, maka pada bagian awal kalian sudah membuat kesalahan. Selain itu kalian akan cenderung emosi semisal kalian tidak memperoleh jawabannya. Ada tipe  pembuat soal yang seperti ini, yang digunakan untuk menguji psikologis siswa. Sebaiknya kalian hati-hati dalam menghadapi tipe-tipe soal yang sulit dan ditaruh di bagian awal soal.
Sebaiknya, kalian lihat terlebih dahulu semua soal, jumlah halaman, lengkap atau tidak, prioritaskan soal-soal yang mudah menurut kalian, baru kemudian mengerjakan soal-soal yang sulit. Setelah itu kalian hitung kemungkinan kalian bia mengerjakan berapa soal. Sudah tuntas belum ?
Teruslah mencoba setiap soal-soal yang ada untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan kalian.

4. Tidak Menjaga Kesehatan
Kesehatan adalah prioritas utama jika ingin sukses mengerjakan ujian nanti karena tanpa kondisi fisik yang prima akan terasa sulit menjalani Ujian Akhir Nasional nanti. Jangan sering begadang.

Nah bagaimana, sudah faham semua adik-adik. Sudah siapkah kalian mengahadapi ujian akhir nasional nanti? Semoga lancar ya...!!!



Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!