NO IMAGE AVAILABLE

Jan 27, 2012

7 Hal Yang Wajib Dihindari Oleh Blogger

7 komentar
Jika kalian memang merasa seorang blogger, cobalah kalian memahami tentang aktifitas blogging karena pada dasarnya seorang blogger harus memperhatikan 7 hal yang harus dihindari oleh seorang blogger sejati.
Kenapa sih harus ada yang dihindari dalam blogging, dan apasih pengaruhnya?
Nah, maka dari itu saya mencoba memberikan sedikit pengetahuan saya sendiri tentang tata cara atau aturan main dalam blogging agar kalian tidak cuman asal-asalan dalam blogging. Apakah hal-hal tersebut yang harus dihindari oleh seorang blogger?






1. Menulis blog tanpa semangat dan tanpa menggunakan hati


Dalam seseorang melakukan aktifikas blogging maka kecintaan terhadap dunia blog harus bisa ditumbuhkan terlebih dahulu. Saya memberikan perumpamaan saja, andai kita berpacaran dengan lawan jenis namun tanpa didasari dengan cinta, ya kemungkinan besar hal buruk akan terjadi dan bahkan hati pun merasa tak tenang jika bertemu dengan si doi.
Nah, intinya sama dengan dunia blogging, kecintaan dan kegemaran akan dunia blogging adalah hal mutlah dan dasar seseorang melakukan aktifitas blooging.

2. Nge-blog tanpa rencana (planning)


Segala sesuatu adalah pasti menggunakan rancangan (planning), apapun itu dan termasuk salah satunya adalah blogging. Blogger tanpa mempersiapkan konsep yang tepat untuk melakukan aktifitasnya sebagai blogger tentu hal yang kurang mengenakkan akan terjadi, misalnya porak-porandanya konsep, ketidak teraturnya tema, dan lain sebagainya.
Nah, oleh karena itu maka sebagai seorang blogger harus sudah menyiapkan konsep yang nantinya akan diimplementasikan di blog nya, baik tema, desain, maupun pembaca yang dituju.

3. Blogging tanpa bersosialisasi (social networking)


Seorang blogger jika telah melakukan pekerjaannya membuat blogger adalah mempublikasikan atau memasarkan blog nya sendiri, dan social network adalah hal penting untuk mempopulerkan blog kalian, baik itu lewat jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau bahkan sesama blogger dengan saling berkunjung, backlink atau sebagainya.

4. Memuat artikel curian/copy-an tanpa sepengetahuan penulis aslinya


Nah, kalau yang inilah menurut saya sih hal yang lumayan fatal, kenapa tidak. Jelas sekali ini adalah si pembajak telah melakukan plagiat yang tak terhormat, melakukan pencurian intelektual, dan secara tidak langsung mereka telah menanamkan hubungan yang satu fihak untung saja (simbiosis parasitisme).
Terkadang ada sebagian orang yang bilang "Ah, dasar blogger pelit !". Sebenarnya bukan permasalahan pelit atau tidak pelit, namun kalian tahu lah dunia blogging adalah dunia sejuta kreasi dan inovasi, nah dengan blogging inilah tingkat kreatifias dan kredibilitas sesorang diuji. Andakan tetap melakukan copas (Copy-Paste) setidaknya seorang plagiator mencantumkan sumber artikelnya, Apa susahnya sih mencantumkan sumber artikelnya?

5. Lama sekali tidak update artikel/posting

Aktifitas blogging adalah menulis dan menulis. Intinya dalam dunia blog adalah menulis, namun apa jadinya jika suatu blog itu jarang dicantumkan artikel-artikel, ya percuma saja membuat blog. Mending gak usah sama sekali aja deh dari pada menuh-menuhin subdomain!

6. Menggunakan widget yang terlalu berlebihan dan tanpa motivasi jelas (over-widgetized)

Mempercantik halaman blog memang dirasa perlu sekali apalagi beberapa asumsi para blogger bahwa blog adalah rumah dunia mayanya. Namun perlu kalian ketahui bahwa seorang pengunjung lebih banyak suka dengan blog yang ringan jika diakses, maksutnya adalah seberapa lamakah sebuah halaman blog itu bisa terbuka total oleh si pengunjung.
Nah, hal inilah yang kemudian sering kurang menjadi perhatian para pemilik akun blog terutama blogspot. bahwa demi memenuhi selera wallpaper style, dengan memakai banyak widget yang tak begitu penting dan dengan memakai widget yang sangat berat. Hal ini efisiensitas sebuah blog perlu dipertimbangkan lagi. Sekedar saran saya aja ya, cobalah kalian menggunakan fitur-fitur widget yang ringan-ringan saja dan tentunya yang penting-penting saja, jangan terlalu banyak widet yang akhirnya malah menjadi boomerang buat kalian sendiri karena begitu beratnya kapasitas blog kalian hingga pada ujungnya pengunjung pun enggan mengakses blog kalian karena kelamaan untuk membukanya.

7. Menulis untuk Google dan bukannya untuk Pengunjung

Maksutnya adalah seorang blogger harus memiliki jiwa edukatif, informatif, dan loyilitif. Menggunakan blog ibarat kita sedang berbicara dengan banyak orang diseluruh dunia yang mengakses blog kalian, apa jadinya jika blog itu hanyalah sampah, maksutnya adalah sebuah tulisan-tulisan yang tak memiliki nilai atau tulisan tidak memiliki bobo. blogger hanya mementingkan tulisan atau blog nya terindeks oleh google.
Untuk apa kalau hanya seperti itu, bukankah sebuah blog tidak membutuhkan pengunjung, kalu saja para blogger hanya mengandalkan bermain SEO, Keywordm SERP saja maka jelas blog tersebut aku rasa adalah blog kosong karena tidak ada nilai edukatif, informatif pada blog itu sendiri, para penggunanya hanya mementungkan keyword nya terindeks oleh mesin pencari saja.

Demikian ke 7 hal yang harus dihindari oleh seorang blogger sejat karena pada dasarnya blogger adalah wadah kreatifias kalian dan dengan blogger kita bisa banyak tahu tentang banyak hal, komunikasi antar sesama blogger akan jauh lebih bermanfaat daripada kita hanya individualis.
Oke, sekian dari saya namun jika ada yang perlu ditambahin lagi, mohon berikan usulan kalian demi membangun yang lebih baik lagi.

Thanks dan Wassalam!

7 comments:

  1. Pertamax diamankan...
    hehehe
    mantapz gan, nice share....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. oke gan! Folow me ya kalo blm follow!

      Delete
  2. bloggwalking gan visit juga spirtusminumanku.co.cc

    ReplyDelete
  3. izin repos gan :D tutorial nya keren :D

    ReplyDelete
  4. OKe, silahkan saja gan, tapi mohon tinggalkan sumbernya ya mas bro.. :D

    ReplyDelete
  5. Kunjungan perdana > Nice share gan ,,, thanks , Salam Blogger .

    ReplyDelete


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!