NO IMAGE AVAILABLE

Nov 19, 2011

Biaya Blogging Yang Perlu Diperimbangkan

0 komentar
Jika anda serius dalam ngeblog, terutama jika bertujuan untuk mendapatkan uang, anda harus mengeluarkan biaya agar tampak lebih serius dan lebih optimal. 

 Some rights reserved by Images_of_Money
Berikut adalah beberapa biaya yang saya keluarkan selama ini untuk keperluan ngeblog saya selama ini. Baik hanya untuk sekedar supaya eksis, sampai supaya bisa mendapatkan uang tambahan lebih baik lagi.

Domain

Domain memegang peranan penting dalam memposisikan blog anda. Jika anda menggunakan alamat blogsaya.blogspot.com, atau layanan blog gratis lainnya, agak sulit untuk bisa dianggap serius. Saya tahu ada beberapa blog besar yang tidak menggunakan domain sendiri, tapi bisa dihitung dengan jari.
Domain, percaya atau tidak, bisa dianggap juga sebagai investasi. Beberapa waktu yang lalu, ada yang menawar domain saya seharga US$ 10ribu. Nilai yang lumayan untuk domain berusia 2 tahun.
Karena itu, pilihlah domain yang umum dan relevan dengan blog anda. Jika anda menggunakan domain menggunakan nama anda, tentu kecil kemungkinan akan dibeli orang. Kecuali ada selebriti yang punya nama sama dengan anda!

Hosting

Hosting juga memegang peranan penting. Pilihan saya jatuh ke GoDaddy. GoDaddy performancenya bagi saya cukup baik, harganya tidak terlalu mahal. Mereka juga punya banyak layanan yang berkaitan dengan website, seperti website security. 
Pilihan untuk hosting sangat bervariasi, namun yang pasti, saya kapok menggunakan server IIX.

Theme

Theme atau tampilan dari blog juga memegang peranan cukup penting. Anda tentu tidak ingin punya blog yang tampilannya sama dengan ratusan blog lain bukan?
Betul, banyak sekali theme yang tampak bagus. Namun premium theme juga ditulis kodenya secara efisien dan dioptimalkan untuk performance dan SEO. Jadi kalau anda serius dengan blog anda, tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk membeli premium theme.
Pilihan saya untuk theme ini jatuh ke Genesis dari StudioPress.

Plugin

Ada plugin berbayar? Bukannya gratis? Betul. Banyak sekali plugin gratisan, dan hampir semua yang kita butuhkan ada versi gratisannya. Bisa kita download di halaman direktori plugin ini.
Namun ada kalanya kita butuh lebih, dan hanya plugin berbayar yang bisa memberikannya. 
Saya sendiri menggunakan WPtouch Pro (ada versi gratisnya juga). Alasan saya mengunakan WPtouch Pro adalah pilihan pemasangan iklan yang lebih beragam.

CDN

CDN atau content delivery network cukup penting untuk menambah performa website. CDN akan membagi beban server ke lokasi yang tersebar ke berbagai penjuru dunia. Selain lebih cepat, server anda juga tidak mudah down saat terjadi spike traffic. Sangat berguna untuk shared hosting.
Pilihan saya jatuh ke CloudFront dari Amazon (murah meriah), sangat handal. Selain itu anda bisa mempertimbangkan CloudFlare (ada versi gratis dan berbayar). 

Email newsletter dan marketing

Feedburner merupakan layanan paling umum dalam mengirimkan update blog dalam bentuk RSS dan email. Namun Feedburner punya banyak keterbatasan. Salah satunya, anda hanya bisa mengirimkan email jika ada posting terbaru di blog anda. Tidak bisa mengirimkan materi promosi atau marketing lainnya secara langsung.
Tentu saja, Google sebagai pemiliknya hanya fokus untuk menyebarkan layanan iklannya, AdSense. Jika anda memang hanya fokus menggunakan AdSense, maka FeedBurner cukup membantu. 
Tapi jika anda juga punya program afiliasi atau ingin mengirimkan email marketing, anda perlu mempertimbangkan layanan email marketing. Ada beberapa yang cukup terkenal, seperti MailChimpdan Aweber. Awalnya saya ingin menggunakan Aweber (para pemain besar di luar sana menggunakannya), tapi karena Indonesia tidak disupport, saya akhirnya memilih FeedBlitz
FeedBlitz sangat mirip dengan FeedBurner. Tapi kelebihannya kita bisa mengirimkan materi email kapan saja, langsung dari dashboard pengguna. Selain itu saya bisa memecah beberapa email newsletter, dengan sumber satu blog RSS saja. 

Layanan e-commerce

Anda ingin menjual barang anda melalui blog? Bingung bagaimana caranya? Tentunya keren kalau kita bisa menambahkan tombol ‘add to chart’ lalu dengan mudah pembeli melakukan pembayaran melalui PayPal atau kartu kredit. 
Jika anda menjual plugins, e-book atau apapun dalam bentuk digital, anda tidak perlu melakukan apapun. Sesudah melakukan pembayaran, pembeli akan diarahkan ke halaman download. Dan serunya, download dibatasi dan akan kedaluarsa setelah 5 hari! Jadi gak perlu takut link itu akan tersebar sebagai download gratis!
Pilihan saya jatuh pada e-Junkie untuk e-commerce.

Apakah anda menggunakan layanan premium?

Apakah untuk blog anda, anda menggunakan layanan premium? Jika ya, apa saja yang anda beli? Kenapa, dan apakah sesuai harapan anda? Silahkan sharing di sini!



Post a Comment


Mohon tinggalkan komentar anda di sini!
Mohon jangan lakukan spamming!
Terima kasih atas kerja samanya!